Rabu, 19 Oktober 2011

Graphics, Digital Media, and Multimedia

BAB 6 : Graphics, Digital Media, and Multimedia

Berikut beberapa software grafik yang digunakan oleh pelukis, fotografer, desainer, dan lainnya :
- Painting Software, software melukis yang gambarnya dilukiskan dengan menggunakan pointing device. Contohnya adalah Paint.
- Image Processor, software untuk memanipulasi foto dan gambar beresolusi tinggi. Contohnya adalah Adobe Photoshop.
- Photo Management Software, software untuk menangkap, mengatur, mengubah, dan membagi gambar-gambar digital. Contohnya adalah Apple iPhoto dan Microsoft PictureIt.
- 3D Modeling Software, software untuk membuat objek tiga dimensi dengan alat-alat yang mirip dengan drawing software.
- Computer Aided Design (CAD) Software, software untuk membuat desain suatu produk di layar, mulai dari chip komputer sampau sebuah bangunan.


Hypermedia menggabungkan teks, angka, grafik, animasi, suara, musik, dan media lainnya di dalam hyperlinked document, sementara multimedia mengkombinasikan semuanya yang membuat user dapat ikut serta di dalam pengalamannya tersebut.

Menggambar gambar Bitmap
Software untuk menggambar:
Cat piksel pada layar dengan menunjuk perangkat. Gerakan pointer diterjemahkan ke dalam garis dan pola pada layar
Menyimpan gambar pada 300 dpi(pot per inch) atau lebih tinggi

Pixel: titik-titik kecil putih, hitam, atau warna yang membentuk gambar pada layar.


Pallet: alat meniru alat melukis pada dunia nyata, juga berisi alat-alat lain yang unik untuk komputer.


Bitmapped grafis (atau grafis raster): gambar yang menunjukkan bagaimana pixel dipetakan di layar.


Kedalaman warna: jumlah bit yang ditujukan untuk setiap pixel.


Resolusi : kerapatan pixel.


Pengolahan citra adalah suatu proses dimana mengedit foto melalui komputer, memungkinkan untuk memanipulasi dan menggabungkan foto, itu realistis.


perangkat lunak managemen foto dibuat untuk mudah mengotomatisasi tugas-tugas normal yang harus dilakukan dengan menangkap, mengenali, mengedit, dan berbagi gambar digital.


Digitizer - menangkap berorientasi objek gambar memberi Anda banyak keuntungan. Seperti membuat grafik, diagram dan ilustrasi dan garis yang lebih jelas dan berbentuk.

Media modern berisi informasi dinamis, yaitu informasi yang berubah dari waktu ke waktu atau menanggapi masukan pengguna.


Animasi adalah gerakan berdasar frame. Setiap frame animasi adalah gambar komputer yang ditarik komputer untuk menampilkan frame-frame ini dalam suksesi cepat.

Tweening adalah gagasan bahwa alih-alih menggambar setiap frame dengan tangan, animator dapat membuat frame kunci dan benda-benda dan menggunakan perangkat lunak untuk membantu mengisi kekosongan.


Video Digitizer: Komputer, Film, dan TV - Analog dan video digital adalah alat yang dapat mengkonversi sinyal video analog dari siaran televisi atau video menjadi data digital.
Banyak video digitizers dapat mengimpor sinyal dari TV, kaset video, kamera video, dan sumber lainnya.

Video Digital.
dapat disalin, diedit, disimpan, dan dimainkan ulang tanpa kehilangan kualitas.
akan segera menggantikan video analog untuk sebagian besar aplikasi.

Media Dinamis : hari ini kebanyakan pengeditan dilakukan dengan menggunakan teknologi pengeditan nonlinear.

Video editing software, seperti Adobe Premiere, membantu membuat proses lebih mudah, di mana Anda dapat menghilangkan rekaman, menggabungkan klip, mengumpulkan adegan, membuat efek khusus, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Morphs adalah klip video di mana satu gambar ke gambar lain morph.

Musical Instrument Digital Interface (MIDI) adalah antarmuka standar yang memungkinkan instrumen Electronik dan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.

Keuntungan Menggambar Bitmap :
Lebih dapat mengatur tekstur, shading, dan detail halus.
Sesuai untuk menampilkan layar, simulasi media massa cat alami, dan menghiasi foto.

Keuntungan gambar berorientasi objek :
Lebih baik untuk membuat grafik cetak, grafik, dan ilustrasi.
Menciptakan garis bersih dan bentuk yang halus.

CAD (Computer Aided Design) :
Memungkinkan insinyur, desainer, dan arsitek untuk menciptakan desain pada layar untuk produk mulai dari komputer chip untuk bangunan publik. Dapat digunakan untk menguji prototipe produk. Lebih murah, lebih cepat, dan lebih akurat dibandingkan tradisional
desain-oleh-ahli teknik.

CAM (Computer Aided-Manufacturing):
Adalah proses dimana data yang berhubungan dengan desain produk dimasukkan ke dalam sebuah program yang mengontrol pembuatan bagian-bagian tersebut.

CIM (Computer Integrated Manufacturing) :
Merupakan kombinasi antara CAD dan CAM dan merupakan langkah besar menuju sebuah pabrik sepenuhnya otomatis.

Audio Digitizer: menangkap suara dan menyimpannya berupa data file.
Synthesizer: merupakan instrumen elektronik yang mensistesis suara menggunakan rumus matematika.

Hypertext : mengacu pada informasi terkait dalam cara non-sekuensial.

Hypermedia : mengkombinasikan teks, angka, grafik, animasi, efek suara, musik, dan berbagai media pada dokumen yang dihyperlink.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar