Rabu, 19 Oktober 2011

Database Applications and Privacy Implications

Bab 7 : Database Applications and Privacy Implications

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam bentuk yang terorganisasi di dalam disk komputer
• Software database:
- Software aplikasi
- Didesain untuk menangani database
• Keuntungan yang ditawarkan oleh database yang terkoputerisasi :
- Mempermudah penyimpanan informasi dalam jumlah besar
- Mempermudah untuk mendapatkan kembali informasi dengan cepat dan fleksibel
- Mempermudah penataan dan penataan ulang dalam berbagai cara
• Program database:
- Peralatan software untuk mengorganisir penyimpanan dan mendapat kembali informasi

• Program database menyediakan lebih dari satu cara untuk melihat data:
- Tampilan bentuk
Ø Menampilkan satu record pada satu waktu

- Tampilan daftar
Ø Menampilkan beberapa record dalam daftar sama seperti cara tampilan di atas spreadsheet

• Database operation:
- Import : mendapat data dalam bentuk file teks
- Browse : mengarahkanmelalui informasi
- Query : menemukan record yang sesuai dengan criteria yang spesifik
- Sort : menyusun record kembali
- Print reports, labels, dan bentuk surat : sebuah daftar yang di perintah dari record yang dipilih dan bagian yang mudah membaca format

• Kebanyakan manajemen program database modern mendukung bahasa standar untuk memprogram pertanyaan kompleks yang disebut SQL (Structured Query Language).
- SQL tersedia untuk banyak sistem manajemen database
- Pemrogram dan pemakai modern tak perlu mempelajari bahasa baru ketika mereka bekerja dengan system baru
• Software database yang dikhususkan : pemrograman ulang untuk penyimpanan data yang spesifik dan tujuan yang didapat kembali.
• Sistem Geographical information (GIS) : termasuk geografi dan demografi data dalam bentuk peta.

• Personal information manager (PIM): sebuah organiser elektronik.

• Sistem Manajemen Database
- Manajer bentuk file sampai Sistem Manajemen Database
Ø File manajer : memungkinkan pengguna bekerja dengan satu file di satu waktu
Ø Sistem manajemen database : memanipulasi data dalam kumpulan besar dari file , cross-referencing antara file sebagai yang di butuhkan
• Batch Processing: Pengguna mengakumulasikan transaksi dan menginputnya ke dalam computer dalam batch besar.
• Real-Time Computing: Memungkinkan akses instan kepada informasi.
• Interactive Processing: Telah digantikan batch processing untuk kebanyakan aplikasi.
• Database dan Jaringan

- Informasi yang terdapat melalui sebuah perusahaan Internet dan Internet
- HTML, bahasa yang digunakan untuk membentuk kebanyakan halaman web, tidak didesain untuk membangun pertanyaan database
- XML, lebih baru, data bahasa deskripsi lebih kuat, didesain dengan akses database kekuatan industry dalam pikiran
- Strategi web database yang berputar di sekitar direktori

Graphics, Digital Media, and Multimedia

BAB 6 : Graphics, Digital Media, and Multimedia

Berikut beberapa software grafik yang digunakan oleh pelukis, fotografer, desainer, dan lainnya :
- Painting Software, software melukis yang gambarnya dilukiskan dengan menggunakan pointing device. Contohnya adalah Paint.
- Image Processor, software untuk memanipulasi foto dan gambar beresolusi tinggi. Contohnya adalah Adobe Photoshop.
- Photo Management Software, software untuk menangkap, mengatur, mengubah, dan membagi gambar-gambar digital. Contohnya adalah Apple iPhoto dan Microsoft PictureIt.
- 3D Modeling Software, software untuk membuat objek tiga dimensi dengan alat-alat yang mirip dengan drawing software.
- Computer Aided Design (CAD) Software, software untuk membuat desain suatu produk di layar, mulai dari chip komputer sampau sebuah bangunan.


Hypermedia menggabungkan teks, angka, grafik, animasi, suara, musik, dan media lainnya di dalam hyperlinked document, sementara multimedia mengkombinasikan semuanya yang membuat user dapat ikut serta di dalam pengalamannya tersebut.

Menggambar gambar Bitmap
Software untuk menggambar:
Cat piksel pada layar dengan menunjuk perangkat. Gerakan pointer diterjemahkan ke dalam garis dan pola pada layar
Menyimpan gambar pada 300 dpi(pot per inch) atau lebih tinggi

Pixel: titik-titik kecil putih, hitam, atau warna yang membentuk gambar pada layar.


Pallet: alat meniru alat melukis pada dunia nyata, juga berisi alat-alat lain yang unik untuk komputer.


Bitmapped grafis (atau grafis raster): gambar yang menunjukkan bagaimana pixel dipetakan di layar.


Kedalaman warna: jumlah bit yang ditujukan untuk setiap pixel.


Resolusi : kerapatan pixel.


Pengolahan citra adalah suatu proses dimana mengedit foto melalui komputer, memungkinkan untuk memanipulasi dan menggabungkan foto, itu realistis.


perangkat lunak managemen foto dibuat untuk mudah mengotomatisasi tugas-tugas normal yang harus dilakukan dengan menangkap, mengenali, mengedit, dan berbagi gambar digital.


Digitizer - menangkap berorientasi objek gambar memberi Anda banyak keuntungan. Seperti membuat grafik, diagram dan ilustrasi dan garis yang lebih jelas dan berbentuk.

Media modern berisi informasi dinamis, yaitu informasi yang berubah dari waktu ke waktu atau menanggapi masukan pengguna.


Animasi adalah gerakan berdasar frame. Setiap frame animasi adalah gambar komputer yang ditarik komputer untuk menampilkan frame-frame ini dalam suksesi cepat.

Tweening adalah gagasan bahwa alih-alih menggambar setiap frame dengan tangan, animator dapat membuat frame kunci dan benda-benda dan menggunakan perangkat lunak untuk membantu mengisi kekosongan.


Video Digitizer: Komputer, Film, dan TV - Analog dan video digital adalah alat yang dapat mengkonversi sinyal video analog dari siaran televisi atau video menjadi data digital.
Banyak video digitizers dapat mengimpor sinyal dari TV, kaset video, kamera video, dan sumber lainnya.

Video Digital.
dapat disalin, diedit, disimpan, dan dimainkan ulang tanpa kehilangan kualitas.
akan segera menggantikan video analog untuk sebagian besar aplikasi.

Media Dinamis : hari ini kebanyakan pengeditan dilakukan dengan menggunakan teknologi pengeditan nonlinear.

Video editing software, seperti Adobe Premiere, membantu membuat proses lebih mudah, di mana Anda dapat menghilangkan rekaman, menggabungkan klip, mengumpulkan adegan, membuat efek khusus, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Morphs adalah klip video di mana satu gambar ke gambar lain morph.

Musical Instrument Digital Interface (MIDI) adalah antarmuka standar yang memungkinkan instrumen Electronik dan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.

Keuntungan Menggambar Bitmap :
Lebih dapat mengatur tekstur, shading, dan detail halus.
Sesuai untuk menampilkan layar, simulasi media massa cat alami, dan menghiasi foto.

Keuntungan gambar berorientasi objek :
Lebih baik untuk membuat grafik cetak, grafik, dan ilustrasi.
Menciptakan garis bersih dan bentuk yang halus.

CAD (Computer Aided Design) :
Memungkinkan insinyur, desainer, dan arsitek untuk menciptakan desain pada layar untuk produk mulai dari komputer chip untuk bangunan publik. Dapat digunakan untk menguji prototipe produk. Lebih murah, lebih cepat, dan lebih akurat dibandingkan tradisional
desain-oleh-ahli teknik.

CAM (Computer Aided-Manufacturing):
Adalah proses dimana data yang berhubungan dengan desain produk dimasukkan ke dalam sebuah program yang mengontrol pembuatan bagian-bagian tersebut.

CIM (Computer Integrated Manufacturing) :
Merupakan kombinasi antara CAD dan CAM dan merupakan langkah besar menuju sebuah pabrik sepenuhnya otomatis.

Audio Digitizer: menangkap suara dan menyimpannya berupa data file.
Synthesizer: merupakan instrumen elektronik yang mensistesis suara menggunakan rumus matematika.

Hypertext : mengacu pada informasi terkait dalam cara non-sekuensial.

Hypermedia : mengkombinasikan teks, angka, grafik, animasi, efek suara, musik, dan berbagai media pada dokumen yang dihyperlink.

Productivity Applications

Bab 5 : Productivity Applications

Salah satu pelopor dari hardware dan software computer : Doug Engelbart.
Pada 1968, ia mendemonstrasikan sistem tambahannya, yaitu
1. Mouse
2. Tampilan mengedit video
3. Menggabungkan teks dan grafik
4. Outlining
5. Pertukaran layar video
6. Computer conferencing
7. Hypermedia

• Bekerja dengan pengolah kata disusun beberapa langkah:
- Memasukkan teks
- Teks ditampilkan pada layar dan disimpan ke dalam RAM computer
- Menyimpan pekerjaan dalam periode tertentu, karena RA M bukanlah memori permanen.
- Mengedit teks
- Mengarahkan ke bagian berbeda dari dokumen
- Memasukkan atau menghapus teks pada setiap titik
- Memindahkan dan mengkopi teks
- Mencari dan menggantikan kata atau frase
- Memformat dokumen
- Stylesheets
- Headers and footers
- Multiple variable-width columns
- Grafik
- Automatic editing features
- Pendapat tersembunyi
- Table of contents and indexes
- Coaching and help features (sometimes called wizards)
- Conversion to HTML for Web publishing
- Proofreading dokumen
- Menyimpan dokumen kedalam disk
- Mencetak dokumen


• Pemeriksa Ejaan/perkataan
- Membandingkan kata dalam dokumen dengan kata yang ada di disk berdasarkan kamus

• Pemeriksa Grammar dan Gaya
- Menganalisa setiap kata dalam konteks, memeriksa eror dari konten
- Memeriksa ejaan
- Memberitahukan kemungkinan kesalahan dan menyarankan pembetulan
- Menganalisa kelengkapan prosa menggunakan pengukuran seperti panjang kalimat dan panjang paragraf


• Desktop Publishing: Proses membuat buku, majalah, dan lain-lain.
Langkahnya sebagai berikut:
Ø Menulis teks
Ø Mengedit teks
Ø Menampilkan gambar atau foto bersamaan dengan teks
Ø Mendesign format dasar untuk publikasi
Ø Menyusun teks dan gambar pada halaman
Ø Mengprint halaman
Ø Menyatukan halaman dalam bentuk suatu publikasi yang telah selesai


• Spreadsheet terdiri dari:
- Sel: Perpotongan antar baris dan kolom
- Addresses: Huruf kolom dan nomor baris


• Spreadsheet dapat mengandung:
- Value: Semacam angka dan tanggal
- Labels: Semacam kolom dan laporan heading, yang menjelaskan apa arti values
- Formula: Memungkinkan untuk membuat instruksi menggunakan ekspresi matematika dan perintah.
Ø Contoh: +, -, *, /, sum, average
Ø Formula dapat saja:
- Relative: Jadi, mereka sama dengan sel yang berbeda ketika mereka dikopi
- Absolute: Jadi, referensi formula takkan pernah terganti ketika mereka dikopi

• Grafik Spreadsheet:
- Dari angka ke gambar:
Ø Grafik memungkinkan kita untuk mengubah angka menjadi data visual
Ø Grafik Pie menunjukkan proporsi sebagian ke keseluruhan
Ø Line charts menunjukkan kecenderungan atau hubungan melalui waktu
Ø Gunakan Grafik Balok apabila data dibagi menjadi beberapa kategori
Ø Gunakan Grafik Scatter untuk menelusuri, daripada untuk menampilkan dua variabel

• Computer modeling digunakan computer untuk membuat model abstrak dari sebuah objek, organisme, dan organisasi.
- Contoh:
Ø Simulasi game
Ø Simulasi penerbangan dan aktivitas laboratorium
Ø Simulasi manajemen bisnis, kota, dan negara

• Computer modeling digunakan secara luas, karena beberapa alasan:
Ø Aman
Ø Ekonomis
Ø Proyeksi yang baik
Ø Visualisai yang baik
Ø Seperti replikasi

Software Basics: The Ghost in the Machine

Bab 4 : Software Basics: The Ghost in the Machine

Tiga macam jenis software:
1.Compiler dan program translator: membuat para programmer bisa membuat software lainnya
2.Software Application: alat produktivitas untuk membantu pemecahan masalah
3.System Software mengkoordinasikan operasi hardware dan melakukan pekerjaan di balik layar

Jenis bahasa dalam komputer :
1.Bahasa Mesin: Kode-kode numerik dan biner
2.Bahasa Tingkat Tinggi: Berada di antara bahasa mesin dan bahasa natural manusia (bahasa C++)
3.Bahasa Natural: Hampir sama dengan bahasa manusia sehari-hari

Aplikasi Software:
a. Consumer Applications, digunakan sesuai kebutuhan user
b. Vertical Market and Custom Software, aplikasi yang bisa diubah sesuai kebutuhan user

Utility Program berfungsi untuk:
- Mengcopy file dari satu storage device ke storage device lainnya
- Memperbaiki data file yang rusak
- Mengkompress file
- Melindungi komputer dari virus

User Interface
Mendefinisikan penampilan dalam aktivitas komputer dari sudut pandang manusia.
MS-DOS adalah sistem operasi disk yang berinteraksi dengan user menggunakan huruf, angka, dan simbol.

Multiple User Operating System
- UNIX(memberikan kemampuan untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya, dan tetap dominan dalam server, tersedia untuk PC, Workstation, Server, Mainframe, dan Supercomputer)
- Linux

Software Piracy: Penduplikasian software yang memiliki hak cipta secara ilegal.

Hardware Basics: Peripherals



Bab 3 : Hardware Basics: Peripherals

Input biasanya berupa :
1. Keyboard(Alat untuk memasukkan huruf, nomor dan sebagainya ke dalam komputer.)
    Jenis-jenis keyboard terdiri dari :
    1. Keyboard Standard.
    2. Ergonomic keyboard : keyboard berbentuk ergonomis sehingga memudahkan proses pengetikkan.
    3. Keyboard Wireless : keyboard masa kini dengan sistem tanpa kabel.
    4. Keyboard Folder : keyboard dengan tombol yang lebih sedikit.
    5. Keyboard one-handled.

2. Pointing Device : alat input untuk memilih dan/atau mengeksekusi program/perintah tertentu, seperti mouse.
    Jenis Pointing Devices :
    1. Mouse.
    2. Touchpad.
    3. Pointing Stick.
    4. Trackball.
    5. Joystick.
    6. Graphics tablet.
    7. Touch screen.

3. Reading tools : digunakan untuk membaca kode-kode tertentu yang telah dirancang sebelumnya. 
    Contohnya :
    1. Optical mark readers.
    2. Magnetic ink chracter readers.
    3. Bar code readers.
    4. Pen scanners.
    5. Graphic Tablet.
    6. Smart whiteboard.
    7. Radio Frequency Identification Readers (RFID).
4. Alat Input lainnya:
    1. Scanner dapat mendigitalisasi image yang di scan.
    2. Kamera Digital dapat menangkap suatu gambar dan men-digitalisasinya, kemudian disimpan dalam media penyimpanan
    3. Video Digitizer menerima input dari kamera video dan mengubah input tersebut menjadi sinyal digital
    4. Audio Digitizer mendigitalisasi suara ke sinyal digital, yang kemudian bisa disimpan atau diproses.
    5. Speech Recognition Software dapat mengkonversi data suara menjadi kata-kata yang dapat diubah atau dicetak.
    6. Sensor didesain untuk memonitor kondisi fisik, dan menggunakan fisik manusia untuk memasukkan input, seperti sentuhan jari.

Hardware biasa berupa :
1. Layar Monitor : menampilkan berbagai proses yang ditampilkan dalam berbagai media (kata, angka, suara, video).
2. Printer : menampilkan output dalam bentuk kertas.
3. Sound Card : memungkinkan komputer menerima input suara, dan mengeluarkan output dalam bentuk suara juga.
4. Synthesizer : digunakan untuk membuat musik.
5. Mesin dan Modem Fax : mengirimkan suatu gambar melalui sinyal elektronik.

Diantara alat input dan output terdapat storage device, yang berfungsi menyimpan data sebelum/sesudah diproses oleh komputer.
Berbagai jenis storage device yaitu :
1. Magnetic Tape dapat menyimpan data banyak dalam tempat yang kecil, tetapi akses datanya terbatas, sehingga hanya digunakan sebagai backup data.
2. Magnetic Disk dapat diakses secara bebas, dan terdapat berbagai jenis seperti:
    - Floppy disk (murah, dapat dibawa, kapasitas sedikit).
    - Harddisk (tidak dapat dibawa namun berkapasitas besar).
    - Removable (mediakapasitas besar dan dapat dibawa).
3. Optical Disk menggunakan sinar laser untuk membaca data/informasi pada permukaan piringan. Walaupun tidak secepat hard disk dalam akses datanya, tetapi kapasitasnya besar dan dapat diandalkan.
4. Solid-State Storage Device, contoh :
    - Flash memory.
    - Memory chip yang datanya dapat dihapus, kapasitasnya bermacam-macam, dan bentuknya ringkas, sehingga dapat menggantikan media penyimpanan lain yang lebih besar bentuknya.

Hardware dihubungkan ke motherboard melalui tempat yang disebut port. Jenis port utama yang terdapat di motherboard antara lain :
1. Serial Port digunakan untuk menyambungkan alat yang mengirim data satu bit dalam satu waktu tertentu, seperti modem.
2. Parralel Port digunakan untuk menyambungkan alat yang mengirim/menerima data dalam kelompok data, seperti printer.
3. Keyboard/Mouse Port digunakan untuk menyambungkan keyboard dan mouse ke komputer.
4. Video Port berfungsi memasang monitor warna pada video board.
5. SCSI Port berfungsi untuk memasang peripheral yang lain.

Hardware Basics: Inside the Box


Bab 2 : Hardware Basics: Inside the Box

Aktivitas komputer diawali dengan masuknya input. Perangkat input itu sendiri berupa keyboard, mouse, dan lain-lain. Dari input ini lah maka CPU akan memprosesnya menjadi output. Dalam proses terjadi lalu lintas data dari Prosesor dengan memory dan sebaliknya. maka akan dibahas memory

Memory di komputer dibagi menjadi 2 macam:
Primary storage: RAM (Random Access Memory)
Secondary storage: Hard disk, CD, DVD, dan tape drivers


Contoh dalaman harddisk

Contoh RAM

RAM
Berfungsi sebagai penyimpan instruksi program yang bersifat sementara. Di dalam RAM data dapat di simpan di lokasi mana pun dan dapat di akses dengan kecepatan tinggi. Tetapi data yang ada di dalam RAM akan hilang bila sumber tenaga mati.

ROM
Berfungsi menyimpan informasi yang bersifat permanen dan tidak dapat diubah. Di dalam ROM terdapat instruksi untuk startup dan data-data permanen lainnya. Contoh BIOS, Firmware.

Flash Memory
Digunakan untuk mobile phone, PDA, portable computer, dan handheld computer untuk menyimpan data.

Informasi-informasi pergi dari satu tempat ke tempat lain di motherboard melewati system buses atau lebih sering disebut buses.

Our Digital Planet


BAB 1 : Our Digital Planet



Pada zaman modern ini hampir semua orang mengenal dengan baik apa itu komputer. Komputer adalah seperangkat alat yang memudahkan pekerjaan kita di masa modern ini.Komputer pada zaman ini merupakan seuatu kebutuhan yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.


Komputer yang sekarang ini kita gunakan merupakan rancangan dari Charles Babbage dan Lady Lovelace.Proses kerja komputer ada 3 macam yaitu proses input, memproses input dan hasilnya berupa output.


Komponen komputer pada umumnya terdiri dari
1. Hardware (perangkat keras)
2. Software (perangkat lunak), dan
3. Brainware (pengguna).
Hardware merupakan perangkat yang jelas tampak fisiknya, seperti keyboard, mouse, dan monitor.
Software merupakan perangkat yang fisiknya tidak tampak, seperti microsoft word, game online, dan semua yang merupakan aplikasi yang di jalankan di komputer.
Sedangkan brainware atau yang di sebut user adalah kita sendiri



"Real Computer" pertama kali ditemukan pada tahun 1939 oleh Konrad Zuse dan ia menciptakan komputer pertama yang dapat diprogram.

Konrad Zuse with Z1


Pada tahun 1939 John Atanasoff berhasil mengembangkan komputer digital elektronik pertama yang diberi nama ABC (Atanasoff-Berry Computer)

ABC













Pada tahun 1944 IBM memberikan 1 juta dollar kepada Harvard University untuk mengembangkan Mark 1.

John Mauchly dan J. Presper Eckert membatun pemerinta US untuk perang dunia ke 2 dalam menciptakan alat yang dapat menghitung proyeksi target untuk mesin perang barunya. Dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

Setelah perang dunia usai Mauchly dan Eckert membuat perusahaan pribada yang bernama Sperry dan membuat UNIVAC I, komputer pertama yang dikomersialkan

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer selalu mengalami perkembangan baik software maupun hardware. Salah satu yang berkembang adalah jeroan komputer.Pada masa awal komputer di ciptakan, komputer masih menggunakan vacuum tube (tabung hampa). Setelah tahun 1956 vacuum tube tidak digunakan lagi dak di ganti dengan kapasitor.Setelah itu pada tahun 1960an kapasitor diganti dengan Integrated Circuit. Keuntungan Integrated Circuit adalah:

1. Lebih handal
2. Ukurannya kecil
3. Kecepatan tinggi
4. Efisiensi tinggi
5. Murah


Setelah itu muncul lah microprocessor yang ditemukan oleh Intel pada tahun 1971. Microprocessor inilah yang menjadi pelopor PC. Oleh karena itulah revolusi PC mulai pada tahun ini dan banyak perusaahan memproduksi PC seperti Apple, Commodore, dan Tandy.